Adil Dan Ihsan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

ekonomi islamBuku Adil Dan Ihsan Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Implementasi Mantik Rasa Dalam Model Konfigurasi Teknologi Al Ghazali, as Syatibi, Leontief, Sraffa

Penulis : DR.Ir.H.Murasa Sarkaniputra
Bahasa : Indonesia
Halaman : 102

Buku yang keluarkan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam ini berisi penelitian yang memadukan pemikiran al-Ghazali dan as-Syatibi dalam model Leontief-Sraffa. Yakni suatu konfigurasi teknologi yang menggambarkan hubungan antara upah dan laba dalam suatu sistem ekonomi dimana upah untuk buruh dibayar sebelum keringatnya mengering.

Bobot upah maksimum dan upah minimum ditentukan oleh tingkat laba minimum dan tingkat laba maksimum dimana kecukupan upah ditentukan oleh lima (5) kebutuhan dasar menurut as-Syatibi (pemeliharaan ad-dien, al-aql, an-nafs, an-nasl, dan al-maal). Model digunakan untuk memetakan ekonomi Indonesia 1975 dimana tabel input output sebagai data dan informasi yang dianalisis. Temuan dari penelitian adalah bahwa adil dah ihsan dalam pembagian pendapatan nasional dapat ditentukan sesuai dengan semangat kemitraan antara buruh dan pemodal.

Model juga membuktikan kontroversi invisible hand”- nya Adam Smith dan kontroversi antara ”positivism” dan ‘normativism” dapat dirujukksn dengan baik, sedangkan kebingungan Marx tentang surplus value juga tercerahkan. Yakni bahwa surplus value adalah sumber dari pertumbuhan ekonomi dan bukannya suatu eksploitasi.

One response to this post.

  1. […] Buku : Keunggulan ekonomi Islam : mengkaji sistem ekonomi Barat dengan kerangka pemikiran sistem ekonomi Islam Penulis : Syahid […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: